SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENILAIAN PENGAJUAN PEMBAYARAN BERTEMPO PADA UD MITRA SEJATI

  • Anita . STIKI Malang

Abstract

Untuk mempercepat perputaran barang dan membantu pelanggan, UD. Mitra Sejati memiliki kebijakan untuk memberi kesempatan pembayaran bertempo pada pelanggannya. Untuk mendapatkan layanan pembayaran bertempo, pelanggan harus mengajukan permohonan. Berdasarkan permohonan dan data transaksi sebelumnya perusahaan akan melakukan penilaian. Dalam melakukan penilaian perusahaan dituntut untuk  dapat memberikan keputusan yang tepat dan akurat secara cepat agar tidak membawa dampak yang merugikan bagi perusahaan dikemudian hari, yaitu terjadinya pembayaran macet. Untuk itu perlu dirancang suatu sistem penunjang keputusan (DSS) yang dapat membantu UD Mitra Sejati dalam melakukan penilaian pengajuan pembayaran bertempo beserta plafonnya sehingga dapat diambil suatu keputusan dengan cepat, tepat dan akurat.

 

Kata Kunci : Sistem Pendukung keputusan, Pembayaran bertempo, Group teknologi, tabel   keputusan

References

Turban, E, Aronson, EJ, and Liang. 2001. Ting Peng, Decision Support System and Intelligent System. 6th Edition. Upper Saddle River: Prentice-Hall.

Laudon,Keneth C.,Laudon, Jane, P. 2001. Managament Information System New Approaches to Organization and Technology. 6th Edition, Prentice Hall International, Inc.

Chang, Tien-Chien., Wysk., Richard A. and Wang. 2005. Computer-Aided Manufacture. 3th edition, Prentice Hall,Inc. Textbook

Amelia. 2007. Aplikasi Metode Group Technology dalam Memperbaiki Tata Letak Mesin Untuk Meminimalkan Jarak Perpindahan Bahan. Surabaya. Thesis

Published
2010-07-19