PERAN EFIKASI DIRI, MOTIVASI DAN KOMITMEN MAHASISWA TERHADAP KEGIATAN POSDAYA (POS PEMBERDAYAAN KELUARGA) (Studi Pada Mahasiswa STIE Malangkucecwara Malang)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran efeksi, motivasi, komitmen mahasiwa terhadap kegiatan Posdaya dan Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi oleh mahasiwa dalam pelaksanaan kegiatan Posdaya. Populasi dalam penelitian adalah 36 mahasisawa yang terdiri dari mahasiswa coordinator serta mahasiswa pendamping Posdaya Mahasiswa STIE Malangkucecwara Malang dengan tehnik pengambilan sampel : simple random sampling. Setelah dilakukan uji statistic deskriptif menujukkan bahwa variabel-variabel efikasi diri, motivasi, dan komitmen mahasiswa menujukkan hasil yang positif, artinya mahasiswa mempunyai kemampuan serta kemauan yang tinggi dalam melaksanakan kegiatan ini. Sedangkan hambatan-hambatan yang dihadapi terutama masalah waktu dapat diatasi dengan melakukan koordinasi antara dosen pengajar dengan Ketu Program Pelaksanaan Posdaya dengan menujukkan bukti bahwa mahasiswa yang bersangkutan melakukan kegiatan Posdaya.
Kata kunci: Posdaya, efikasi diri,motivasi, komitmen
References
Ari Prasetyo dan Febriana Wurjaningrum, 2008. Pengaruh Stress Terhadap Komitmen Mahasiswa- Mahasiswa Universitas Airlangga Untuk Menyelesaikan Pendidikan Mereka Dengan Faktor Kecemasan Sebagai Variabel Moderator
Alwisol. (2010). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press .
Amelia, Yesi, dkk, 2013. Kosep Diri, Regulasi Diri & Efikasi Diri
Andika, Manda. Analisis Pengaruh Sikap, Norma Subyektif dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Pada MahasiswaFakultas Ekonomi Universitas Syaih Kuala.
Asripah Siri, Peranan Posdaya Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Masyarakat.
Bandura, A. 1986. Social Foundation of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. New York: Prentice Hall
Baran dan Byrne, 2013. dalam saharpratama.blogspot.com/2013/02/efikasi-diri-self-efficacy.html.
Brophy, J. (2004). Motivating Student to Learn (2nded). London : Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Cialdini, R.B Schaller,M.Houlihan,D.,Arps,K., and Fult, J, 1987. Empathy, Based Helping: is it Selfessly or Selfishly Motivated? Journal of Personality and Social Psychology, 52 (4), 749-758.
Damandiri, 2013. Pokok-Pokok Strategi Operasional Posdaya Dalam 6-12 Bulan Pertama Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Yang Berkeadilan, CV Citra Kharisma Bunda.
Dutaonline.Kembangkan Posdaya, Mahasiswa diberi Beasiswa.
Dwitantyanov, Aswendo, dkk, 2010. Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif Pada Efikasi Diri Akademik Mahasiswa (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Undip Semarang
Fajar, 2011. Peranan Ibu rumah Tangga dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembentukan Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) Prosiding SnaPP2011:sosial, ekonomi, dan Humaniora
Fakih, Ahmad, 2005, Sekilas Tentang Motivasi Berprestasi.
Gemari. 2013. 5 (Lima) Kepercayaan Mahasiswa Bangun Posdaya.
Liestyana, Yuli (2009). Analisis Kepercayaan dan Komitmen Mahasiswa Kepada Dosen Pendamping Akademik.
Manstead, A. S. R., & Hewstone, M. (1996). The Blackwell Encyclopedia of Social Psychology, Oxford: Blackwell Publisher
Meyer, J.P., Allen, N.J., & Smith, C.A. (1993). Commitment to organizations and
Occupation: Extension and test of three component conceptualization.
Journal of Applied Psychology, 78 (4), 538-551.
Miville, M. L., Carlozzi, A. F., Gushue, G. V., Schara, S. L. & Ueda, M. (2006). Mental Health Counselor Qualities for a Diverse Clientele: Linking Empathy, Universal-Diverse Orientation, and Emotional Intelligence, Journal of Mental Health Counseling, April 2006, 28(2), p. 151-165 .
Muljono Pudji, Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga), Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor
Rahayu, AB.2009. Pembangunan Perekonomian Nasional melalui Pemberdayaan Masyarakat Desa. Http://www.binaswadaya.org/files/pemberdayaan-masyarakat-desa.pdf
Rahman, Fathur. Kualitas Empati dan Intensi Prososial Sebagai dasar Kepribadian Konselor.
Rispandita, Andre, 2012. Pengertian Imitasi, Sugesti, Identifikasi, Empati, dan Simpati.
Santrock, J. W., (2004). Educational Psychology (2nd ed). New York : McGraw Hill Companies,Inc
Sears, D.O. Freedman,J.L and peplau ,L.A. 1994. Social Pysikology. New Jersey: Pretice Hall.Inc
Suharto, E (2005). Membangun Masyarakat Memperdayakan Rakyat. Bandung: Rafika Aditama.
Sukarya, Wayan, 2008. Sinergi Mahasiswa KKN-PPM dengan Masyarakat Wilayah “Posdaya”.
Sumarjo dan Saharuddin, 2004. Metode-metode Partisipatif Dalam Pengembangan Masyarakat Bogor: Departemen Ilmu-ilmu Sosial dan Ekonomi Fakultas Pertanian dan Program Pasca Sarjana IPB.
Tohardi, 2002. Pemahaman Praktis MSDM, Penerbit CV Mandar Maju, Jakarta
Watson, D.L. Tragerhan, G., and Frank, J. 1984. Social Psychology: Science and Application, Illinois: Scott, foresman and Company
https://www.google.co.id/#q=landasan+teori+motivasi+intrinsik+dan+ekstrinsik+dalam+belajar
http://phietablogdiary.blogspot.com/2009/06/pengertian-empati-1.html