LoC, MOTIVASI, KEPUASAN KERJA SEBAGAI MODEL PENINGKATAN KINERJA PADA PKB KOTA MALANG (Studi pada BKBPM Kota Malang)

  • Hariyanto . Stie Malangkucecwara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat, mengetahui pengaruh LoC, Motivasi terhadap Kinerja dan untuk mengetahui seberapa besar Kepuasan Kerja sebagai moderator memengaruhi LoC dan Motivasi terhadap Kinerja. Hipotesis yang diajukan adalah (1) ada pengaruh bermakna LoC terhadap Kinerja (2) ada pengaruh bermakna Motivasi terhadap Kinerja (3) ada pengaruh bermakna Kepuasan Kerja terhadap Kinerja (6) ada pengaruh Kepuasan Kerja secara tidak langsung memengaruhi hubungan LoC terhadap Kinerja secara bermakna (7) ada pengaruh Kepuasan Kerja secara tidak langsung memengaruhi hubungan Motivasi terhadap Kinerja secara bermakna .

Analisis data dipergunakan untuk memerkirakan atau memerhitungkan besarnya efek kuantitatif dari perubahan suatu kejadian terhadap kejadian lainnya. Adapun anilisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini, yaitu menggunakan deskriptif dan anilasis jalur (path analysis). Alasan digunakan analisis jalur, dikarenakan dalam penelitian ini peneliti akan menganalisis hubungan kausal antara peubah bebas dan peubah tergantung melalui peubah perantara, dengan tujuan mengetahui adanya pengaruh, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sampel penelitian ini adalah 36 orang Petugas Keluarga Berencana (PKB) di Wilayah Kota Malang, dengan pengambilan sampel secara random (Sugiyono :2000). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peubah LoC (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peubah Kinerja (Y2), Peubah Motivasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peubah Kinerja (Y2), Peubah LoC (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peubah Kepuasan Kerja (Y1), Peubah Motivasi (X2) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Peubah Kepuasan Kerja (Y1), Peubah Kepuasan Kerja (Y1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peubah Kinerja (Y2). Temuan penelitian menunjukan bahwa Peubah LoC (X1) berpengaruh dominan secara langsung terhadap Peubah Kinerja (X2) dan Peubah LoC (X1) berpengaruh dominan secara tidak langsung terhadap Peubah Kinerja (Y2) melalui Peubah Kepuasan Kerja (Y1). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa LoC dan Motivasi  berpengaruh langsung terhadap Kinerja dan berpengaruh tidak langsung melalui Peubah Kepuasan Kerja terhadap Kinerja.

Kata kunci:      Locus of Control (LoC), Motivasi, Kepuasan Kerja, dan Kinerja

References

Arikunto, Suharsimi (2002), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi V, Cetakan Keduabelas, PT. Rineka Cipta, Jakarta

Aube, Caroline, Vincent Rousseau & Estelle M. Morin, 2007, Perceived Organizational Support and Organizational Commitment: The Moderating Effect of Locus of Control and Work Autonomy, Journal of Managerial Psychology, 22(5).

Azuar Juliandi dan Azuar. 2004, Beberapa Faktor Kepuasan Kerja Yang Mempengaruhi Komitmen Organisasi, Program Studi Ilmu Manajemen Program Pasca Sarjana, Universitas Sumatera Utara.

Bagyo, Yupono.2009. Pengaruh Locus of Control terhadap Organizational Citizenship Behavior, Komitmen Organisasional, Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Pialang di Perusahaan Sekuritas di Jawa Timur), Disertasi, Universitas Brawijaya Malang.

Bungin, Burhan, 2005, Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Prenada Media, Jakarta.

Busso, Licia, 2003, The Relationship Between Emotional Intelligence and Contextual Performance as Influenced by Job Satisfaction and Locus of Control Orientation, Alliant International University, Sandiago

Chiu, Kou Shan, 2005, The Linkage Job Performance to Goal Setting, Work Motivation, Team Building, and organizational Commitment in The High-Tech industry in Taiwan, H. Wayene Huizenge Scool of Business and Entreprerements, Nova Southeastern University, Huizenge.

Ferdinant, Agusty, 2002, Structural Equation Modeling dalam Penlitian Manajemen, BP. Undip, Semarang.

Hasibuan, S.P. Malayu, 1996, Organisasi dan Motivasi, Bumi Aksara, Jakarta.

Hemingway, A. Christine, 2005, Personal Values as A Catalyst for Corporate Social Entrepreneurship, Journal of Business Ethics, 60: 233–249.

Heny, Daryanto dan Daryanto, Arief. 2006, Motivational Theories and Organisation Design, University of New England, Australia.

Kadir, Abdul, 2005, Pengaruh Keadilan Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Gaji, Komitmen Organisasi dan Kinerja, Disertasi, Program Study Administrasi, Universitas Brawijaya.

Luthans, Fred, 2006, Organizational Behavior, Ninth Edition, McGraw-Hill, New York.

Maslow, A. H. 1954. Motivation and personality. New York: Harper & Row.dalam Introduction to special Topik Forum the Future of Work Motivation Theory, Richard M Steers dan Richard T Mowday, Universitas Oregon, Academy of Management Review, 2004, Vol. 29, No. 3, 379–387.

Mathis. L. Robert & John H. Jackson, 2006, Human Resource Management, 9TH Edition, Jimmy Sadeli, Salemba Empat, Jakarta.

Papulova, Emilia & Suzana Papulova, 2005, Performance Management and Performance Measures, University of Economics in Bratislava, Slovac Republic.

Robbins, P. Stephen dan Neui Barnwell, 2002, Organization Theory, 4th, Pearson Education Australia, Sydney..

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung

Sulaiman, M.T. Abubakar, 2002, The Mediating Role of Organizational Commitment in Work Climate, Performace Relationship, Journal of Management Development, 21(3).

Tang, T.L.P.,Yuh-Jia Chendan Sutanto, Toto, 2008, Bad apples in bad (business) barrels: The love of money, machiavellianism, risk tolerance, and inithical behavior. Management Decision. Vol.46 No 2, pp.243-263

Published
2014-01-19