Pelatihan Digital Marketing Untuk Memperluas Ppemasaran Produk UMKM

  • Rahayu Widayanti

Abstract

Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  di Kabupaten Malang belum memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan produknya. Pemasaran produk melibatkan proses memperkenalkan produk kepada konsumen, menarik minat mereka dan mengubah minat menjadi keinginan untuk membeli. Strategi pemasaran adalah seperangkat langkah bisnis yang telah digabungkan pada tingkat presentasi produk untuk menarik konsumen untuk membeli sebuah produk. Digital marketing adalah  mempromosi suatu merek barang atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien. Kegiatan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan UMKM tentang pentingnya menarik konsumen untuk memasukkan produk ke dalam keranjang, memastikan pembeli mengenal produk yang ditawarkan, memverifikasi, dan mengulangi pembelian produk. Target luaran kegiatan ini adalah 1) memberikan pengetahuan mengenai pembuatan konten digital menggunakan canva, 2) pengetahuan terhadap teknik copywriting, 3) pengetahuan tentang Instagram bisnis. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan meliputi ceramah, diskusi  serta presentasi hasil pelatihan. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah 1 pelatihan dan pendampingan,) 2) pembutan konten digital dan copywriting menggunakan canva 3) membuat dan mengoperasikan instagram bisnis, 4)presentasi hasil pelatihan. Kesimpulan dari hasil pelatihan ini adalah tingkat pemahaman UMKM terhadap keseluruhan program adalah baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,9. Beberapa hal yang harus   

Published
2025-01-10
How to Cite
Widayanti, R. (2025). Pelatihan Digital Marketing Untuk Memperluas Ppemasaran Produk UMKM. Abdimas InoTek, 1(2), 10-19. Retrieved from http://ejurnal.stimata.ac.id/?journal=inotek&page=article&op=view&path[]=546

Most read articles by the same author(s)