Analisis Efektivitas Penggunaan Whatsapp Bot Dalam Meningkatkan Respon Penanganan Aduan Pengguna Jalan Tol di Ruas Krian Legundi Bunder Manyar
DOI:
https://doi.org/10.36382/jti-tki.v16i1.548Keywords:
Complaint Handling Response; Effectiveness of Whatsapp Bot; Krian Legundi Bunder Manyar Section; Artificial IntelligenceAbstract
Ruas Krian Legundi Bunder Manyar (KLBM) merupakan sebuah nama jalan tol yang berada di area Gresik, dikelolah oleh PT Waskita Bumi wira dengan memiliki Panjang jalan tol berkisar 29 KM dari Krian sampai dengan Gresik bunder. sebagai tol pertama yang dikelolah oleh PT Waskita Bumi wira, Perusahaan berkeinginan untuk focus sebagai penyedia layanan jalan tol yang efisien dan nyaman. Melalui penggunaan teknologi canggih dan manajemen yang terarah, perusahaan ini masih menggunakan Teknik metode pelaporan dengan cara mengirimkan ke grup Whatsapp dan menulis ulang laporan ke form kertas tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi bagi perkembangan sistem manajemen kinerja yang adaptif terhadap teknologi, dengan harapan dapat menjadi referensi bagi perusahaan sejenis dalam meningkatkan produktivitas dan efektivitas tenaga kerja. Hasil pengujian whatsapp chatbot menurut pengguna maupun petugas presentase yang dihasilkan mencapai sebesar 87,75 persen. Hasil ini telah mampu merespon keluhan yang diajukan oleh pengguna hingga petugas yang akan membuat laporan secara berkala. Chatbot ini akan mempermudahkan siapapun untuk mendapatkan pertolongan saat dijalan maupun membuat laporan secara akurasi yang sangat baik.
References
https://www.wtr.co.id/. Diakses: 12 Agustus 2024. [Daring].
Tersedia pada: https://www.wtr.co.id/id/portfolio/krian- legundi-
bunder-manyar/
[2] Rahartri. (2019). “Whatsapp†Media Komunikasi Efektif Masa Kini
(Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di
Kawasan Puspiptek). Visi Pustaka, 21(2), 147–156.
[3] Aulianto, D. R. (2019). Whatsapp Sebagai Media Komunikasi.
Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 3(2), 150.
https://doi.org/10.33884/commed.v3i2.1031
[4] Alaby, M. A. (2020). Media Sosial Whatsapp Sebagai Media
Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar(ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273– 289.
https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article /view/499/494
[5] Svetlana Sannikova, 2018, Chatbot implementation with Microsoft
Bot Framework, Thesis, Metropolia University of Applied
Sciences, Finlandia
[6] Aggarwal, A., Tam, C. C., Wu, D., Li, X., Qiao, S. (2023). Artificial Intelligence-Based Chatbots for Promoting Health Behavioral
Changes: Systematic Review. Journal of Medical Internet Research, 25, e40789. https://doi.org/10.2196/40789
[7] L. Wilson dan M. Marasoiu, “The Development and Use of Chatbots in Public Health: Scoping Review,†JMIR Human Factors, vol. 9, no. 4, Des 2022, doi: 10.2196/35882.
[8] “WhatsApp Chatbot – contoh, manfaat, & cara membuat bot?,â€
Yellow.ai. Diakses: 12 Agustus 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://yellow.ai/id/blog/whatsapp-chatbot/
[9] D. Intern, “Apa itu Activity Diagram? Beserta Pengertian, Tujuan,
Komponen,†Dicoding Blog. Diakses: 13 Agustus 2024.
[Daring].Tersedia pada: https://www.dicoding.com/blog/apa- itu-activity- diagram/
[10] Jumiatmoko. (2016). Whatsapp Messenger Dalam Tinjauan Manfaat Dan Adab. Wahana Akademika, 3(1), 51–66. https://doi.org/10.21580/wa.v3i1.872
[11] Andi Miladiyah. (2017). Pemanfaatan WhatsApp Messenger info
dalam pemberian informasi dan peningkatan kinerja pada sub
bagian program pemerintah dan peningkatan kinerja pada sub
bagian program pemerintah propinsi Sulawesi Selatan (Tesis). Diakses dari http://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCo llection/YjI5ZDdmNGMyZDFmYzAwZjY0ZTY2Y2UyMj U5NzU0NDk1NmUyMTRmYw==.pdf
[12] G. G. Febrianza, “Apa itu Google Sheet & Google App Script?,â€
Medium. Diakses: 13 Agustus 2024. [Daring]. Tersedia pada:
https://medium.com/@gungunfebrianza/apa-itu-google-
sheet-google-app-script-be640875f105
[13] S. Wulandari, A. D. Lestari, O. Fajarianto, dan P. K. Sari,
“OPTIMALISASI FITUR AUTOCRAT GOOGLE SHEET UNTUK MEMBUAT E-CERTICATE PADA SEKOLAH,†1, vol. 5, no. 2, Art. no. 2, Jun 2022, doi:
10.56301/awal.v5i1.438.
[14] Meilinaeka, “Mail Merge: Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya,†Direktorat Pusat Teknologi Informasi. Diakses: 11 September 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://it.telkomuniversity.ac.id/mail-merge-pengertian- manfaat-dan-cara-membuatnya/